25 Fakta Paling Menarik Benua Antartika

Apakah Anda tahu bahwa Benua Antartika pernah menjadi bagian dari Super-benua Gondwana yang terdiri dari Afrika, Australia, Afrika Selatan, Amerika Selatan, dan anak benua India? Ya benar, Antartika yang kita lihat hari ini adalah hasil dari perpisahan benua yang terjadi sekitar 160.000.000 tahun yang lalu.

Itu terjadi karena proses yang sangat lambat di mana potongan besar benua dipisahkan satu per satu dari tanah Gondwana yang mengarah ke isolasi Antartika. Lembaran es permanen pertama mulai muncul 33-34 juta tahun yang lalu selama periode Paleogene.

Antartika, secara umum, merupakan daerah terdingin, paling berangin dan terkering di bumi. Hal ini juga berbeda dari Kutub Utara atau Arktik karena adanya rak es Antartika permanen. Di bawah ini, merupakan beberapa fakta menarik tentang Antartika yang harus Anda ketahui.

25. Mengapa disebut Antartika?

Nama Antartika berasal dari kata Yunani (Romanized) ‘ antarktike ‘, yang berarti ‘ berlawanan dengan Arktik atau Utara. Kata ‘ Arktik ‘ juga memiliki asal-usul Yunani yang berarti ‘ dekat beruang. ‘ Berikut ‘ Bear ‘ menunjukkan baik ke rasi Ursa Major (Great Bear) atau Ursa Minor (Little Bear).

24. Kawasan benuar terakhir yang ditemukan

Karena lokasinya yang ekstrem, Antartika menjadi wilayah besar terakhir di bumi yang ditemukan. Benua ini belum terjamah sampai pada tahun 1820 dua kapal angkatan laut Rusia melihat rak es Fimbul selama ekspedisi. Pendaratan pertama di Antartika diselenggarakan oleh tim peneliti Norwegia di 1895.

 

23. nama “Antartika” memiliki sejarah panjang

Benua ini secara resmi bernama “Antartika” oleh seorang kartografer Inggris John G. bartholomew pada tahun 1890. Tapi itu bukan pertama kalinya karena kebanyakan orang telah menggunakan nama tersebut.

Sekitar 350 B. C, dalam bukunya berjudul Meteorology, Aristoteles tidak hanya berspekulasi tentang keberadaan tanah yang belum ditemukan di wilayah lintang tinggi Selatan tetapi juga menamainya Antartika.

22. benua yang besar

Seluruh benua Antartika dengan luas lebih dari 14.000.000 kilometer persegi (5.400.000 mil persegi), menjadikannya benua kelima terbesar di bumi. Untuk memasukkannya ke dalam perspektif, itu sekitar ukuran Amerika Serikat dan Meksiko dikombinasikan dan sekitar 1,3 kali ukuran Eropa.

 

21. memuat sekitar 70% dari air tawar dunia

Enam continents di sepanjang Arktik menyumbang hanya 10% dari total es yang hadir di bumi, sisanya terkonsentrasi di lembaran es Antartika. Ini mungkin adalah satu massa terbesar es di planet yang membawa sekitar 70% dari air tawar dunia.

Jika semua lembaran es Antartika meleleh sekaligus, tingkat laut global akan meningkat lebih dari 60 meter. Namun jika dilihat temperatur beku Antartika sepanjang tahun dipastikan skenario seperti itu tidak terjadi.

 

20. Antartika ” A No Non-Native Spices Policy In Place”

Setelah ada aturan perlindungan lingkungan dari perjanjian Antarktika atau aturan lingkungan lakukan pada tahun 1980-an, semua hewan non-pribumi dihapus dan dilarang dari benua. Perhatian utama adalah bahwa spesies ‘ Asing ‘ ini dapat membawa penyakit menular yang menyebabkan krisis satwa liar.

Namun, anjing telah dihapus dari benua hanya setelah April 1994. Selama tahap awal eksplorasi Antartika, anjing secara luas digunakan sebagai moda transportasi (anjing kereta luncur). Penjelajah Norwegia Roald Amundsen adalah orang pertama yang berhasil mencapai kutub selatan di 1911.

 

19. Ditemukannya meteorit dalam jumlah besar

Meteorit yang telah jatuh ke Antartika ribuan tahun yang lalu tetap utuh karena hujan salju yang terkumpul dan lembaran es di atasnya. Sekarang karena angin dan erosi, meteorit ini muncul ke permukaan.

Banyak meteorit yang ditemukan di sini kemungkinan besar dari asteroid tetapi beberapa, seperti Martian Meteorite ALH84001, diketahui berasal dari planet lain dalam tata surya.

Batu ruang angkasa ini memungkinkan para peneliti untuk belajar lebih baik tentang komet, asteroid dan bahkan sejarah awal sistem tata surya. Meteorit pertama di benua ini ditemukan oleh Francis Bickerton selama ekspedisi Antarktika Australasia pada tahun 1912.

 

18. satu-satunya benua tanpa penduduk asli

Antartika adalah satu-satunya benua di bumi tanpa populasi manusia asli. Tapi sejak akhir 1980-an, telah dihuni oleh sejumlah peneliti dan ilmuwan secara permanen.

Ada sekitar tiga puluh negara berdaulat yang beroperasi sekitar 70 Stasiun penelitian di seluruh benua yang banyak yang diawaki secara permanen sepanjang tahun.

Benua telah menjadi salah satu situs penelitian yang paling penting dan produktif di bumi karena sebagian besar eksperimen yang dilakukan di sini tidak dapat dilakukan di tempat lain di bumi.

17. penipisan ozon pertama kali ditemukan di sini

Penelitian dari hampir setiap bidang ilmiah termasuk biologi, fisika, Oseanografi, Meteorologi, dan astronomi memiliki minat di Antartika. Sebelum tahun 1970-an, studi yang dilakukan di benua ini sebagian besar menyangkut tektonik lempeng, satwa liar yang atipikal, dan formasi gletser.

Namun, setelah tahun 70-an, fokus umum berubah menuju pemahaman efek pemanasan global pada lapisan ozon. Terobosan paling signifikan datang pada 1985 ketika sebuah tim dari ahli geofisika Inggris menemukan sebuah lubang di ozon di atas Antartika.

Kembali di 2006, NASA bersama dengan NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) melaporkan bahwa lubang ozon di atas Antartika meluas lebih dari 2.750.000 km2 (1.060.000 sq mi) dan merupakan yang terbesar yang pernah tercatat.

 

16. Sampai sekarang es di Antartika perlahan mencair

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Norwegian Polar Institute pada 2009 mengindikasikan bahwa luasnya es Antartika sebenarnya telah meningkat selama beberapa dekade terakhir berbeda dengan hilangnya es laut yang luar biasa di Kutub Utara.

Penemuan mengejutkan ini didukung oleh studi yang lebih baru yang dilakukan oleh NASA yang menyimpulkan bahwa bagian utama dari benua ini menambahkan lebih banyak es daripada kehilangan keseluruhan karena pemanasan global.

Para peneliti menemukan bahwa lembaran es Antartika telah memperoleh sekitar 112.000.000.000 ton es setiap tahun dari 1992 untuk 2001. Antara 2003 dan 2008 jumlah ini ke 82.000.000.000 ton es per tahun.

 

15. dengan ketinggian 4.892 meter (16.050 ft), Mount Vision adalah titik tertinggi di Antartika.

14. Bagi penguins, laut Antartika merupakan bagian penting dari kehidupan. Sementara ada banyak spesies penguin yang dapat ditemukan di benua, hanya penguin kaisar yang berkembang biak selama musim dingin Antartika.

13. Emilio Marcos Palma menjadi orang pertama yang lahir di Antartika di basis penelitian Esperanza. Ia kemudian dianugerahi kewarganegaraan Argentina karena kedua orangtuanya adalah warga negara Argentina. Setelah Emilio, sepuluh orang lain lahir di sini.

12. The Ross Ice Shelf mempunyai ketebalan beberapa ratus meter, mengambang membentuk lapisan es yang membentang dari daratan utama Antartika. Wilayah totalnya adalah 500.809 kilometer persegi (193.363 sq mi) kira-kira seukuran Spanyol.

11. Stasiun penelitian terbesar di benua, Stasiun mcmurdo terdapat rumah lebih dari 1.200 penduduk termasuk peneliti dan pengunjung pada suatu waktu.

10. Antartika Vostok Station, sebuah fasilitas penelitian era Soviet, terdaftar yang paling terdingin alami suhu di bumi (sekitar − 89,2 derajat Celcius atau − 128,6 derajat Fahrenheit) pada 21 Juli 1983.

9. Celah raksasa, mungkin sangat besar seperti Grand Canyon, ditemukan pada 2010 terkubur di bawah es Antartika. Pada saat penemuannya, peneliti memperkirakan bahwa (yang belum diberi nama) lebih dari 9 km (6 mil) lebar dan membentang lebih dari 100 km. Sejauh ini sebenarnya, bagaimanapun, dapat dengan mudah menjadi jauh lebih besar.

8. daerah lembah kering Antartika, juga dikenal sebagai lembah kering McMurdo mungkin adalah tempat terkering di bumi. Daerah ini ditandai dengan kelembaban yang sangat rendah dan tidak ada penutup es. Lembah ini juga dilengkapi Don Juan Pond, sebuah kolam hipersaline dengan tingkat salinitas jauh lebih besar daripada Danau Assal atau laut mati.

7. Lake Vida, salah satu dari dua belas Danau hiper-Saline dikenal di wilayah lembah kering McMurdo, memperoleh media di seluruh dunia traksi setelah setidaknya 2.800 tahun mikroba beku ditemukan di kedalaman di 2002. Itu adalah penemuan yang luar biasa karena peneliti mampu mengambil DNA mikroba yang diawetkan karena suhu beku.

6. pegunungan Gamburtsev yang terletak di Afrika Timur adalah serangkaian puncak tinggi sepenuhnya terkubur di bawah lapisan tebal es. Mereka diyakini sekitar 2.700 m (9.000 kaki) tinggi dan tersebar di lebih dari seribu kilometer.

5. menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012, Antartika Barat adalah salah satu daerah pemanasan tercepat di dunia. Studi ini mengungkapkan bahwa suhu tahunan di wilayah ini telah meningkat sebesar 2,4 ± 1,2 ° c dari 1958 ke 2010.

4. juga tersembunyi di bawah es Antartika adalah sejumlah danau subglasial, terbesar dari mereka menjadi Danau Vostok. Ini ditemukan di tahun 1996 langsung di bawah Stasiun Vostok Rusia dan terletak di bawah hampir 3 kilometer dari es tebal. Pengukuran yang tepat dari total luas dan volume menjadikannya salah satu danau terbesar di dunia.

3. Antartika dikenal memiliki lebih dari satu gunung berapi aktif. Salah satunya, dan mungkin yang paling terkenal adalah Gunung Erebus yang terletak di Pulau Ross. Ini Merupakan gunung berapi paling selatan di bumi.

Gunung berapi lain yang masih aktif namun relatif kurang dikenal terletak di Pulau Deception. Letusan mendadak di 1967 dan 1969 menyebabkan kerusakan serius pada beberapa stasiun penelitian di dekatnya.

2. sementara melakukan studi bawah air, tim peneliti Amerika Utara menemukan gunung berapi aktif di bawah air kembali 2004.

1. U. S mengoperasikan Amundsen-Scott Kutub Selatan stasiun di Antartika (salah satu yang terbesar) dan lanjutan Observatorium Neutrino di bumi; Icecube Neutrino Observatory.

Pada 2013, Observatorium melaporkan ledakan Neutrino kecil yang berasal dari sumber yang terletak sekitar 3.700.000.000 tahun cahaya jauh dari bumi dan telah diidentifikasi sebagai Quasar TXS 0506 + 056.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *