6 Langkah Mudah Memulai Hidroponik Cabe

Secara umum tanaman hidroponik adalah tanaman yang di tanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan banyak media tanah, tapi menekankan pada pemenuhan nutrisi atau vitamin tanaman agar dapat tumbuh.

Jadi tanaman hidroponik tidak di tanam di tanah, tapi bukan berarrti tidak membutuhkan tanah juga melainkan tanah yang di campur dengan sekam, pupuk dan lain sebagainya.

Hal yang paling utama dalam sistem tanam hidroponik adalah pemenuhan vitamin yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut. Cara seperti ini sangat cocok untuk kita yang kekurangan lahan atau tempat untuk menanam seperti di perkotaan.

Menanam cabe dengan sistem Hidroponik ini semakin hari semakin banyak juga di gemari karena perawatannya yang tidak terlalu ribet dan mudah di kembang biakkan. Selain itu cabe sendiri merupakan salah satu bahan pokok yang dibutuhkan oleh setiap ibu-ibu untuk keperluan memasak di dapur, apalagi kita masyarakat indonesia yang gemar akan yang pedes-pedes.

cabe hidroponik

Jadi tidak ada salahnya,kalau kamu ingin menanam cabe di rumah sendiri selain gampang di tanam juga bisa mengurangi pengeluaran biaya belanja kamu, apalagi jika harga cabe sedang naik, bisa boros dalam pengeluaran biaya belanja. Lalu bagaimana cara kita mengatasinya?
Jawaban yang paling tepat ya seperti yang saya singgung di atas yakni menananmnya sendiri dengan sistem hidroponik, menanam sendiri dengan sistem hidroponik tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas, kita bisa menanamnya di pekarangan belakang rumah atau kebun.

Hidroponik Cabe: Langkah Awal dan Persiapan

Langkah pertama yang perlu di lakukan adalah persiapan, meliputi persiapan ilmu, Perisapan alat, dan perisapan perlengkapan-perlengkapan Hidroponik yang dibutuhkan. Setelah dirasa semua sudah siap, langkah selanjutnya adalah:

  • Mempersiapkan benih
  • Penyemaian Benih biji cabe
  • Perawatan Bibit Cabe hidroponik
  • Memindahkan bibit cabe ke media tanam
  • Perawatan, Pemberian Vitamin dan Nutrisi
  • Pemanenan tanaman cabe hidroponik

1. Persiapan Benih cabe

Jika kamu ingin menananam cabe dengan sistem hidroponik, kamu perlu benih, ada banyak pilihan benih cabe yang tersedia baik cabe lokal maupun cabe import.

Baca Juga : Program Hamil Cepat

Sebenarnya semua cabe sama saja proses hidroponiknya, Tapi disini saya akan membahas tentang cabe rawit karena di samping jenis cabe ini yang sering digunakan khususnya ibu-ibu jenis cabe ini juga mudah di tanam dan tidak terlalu lama masa panennya.

narashansa

Untuk benih kita bisa dengan mudah mendapatkannya di dapur atau di pasar-pasar terdekat, pilihlah cabe yang sudah benar-benar masak (tua tidak berpenyakit) agar kualitas benih yang bagus.

Langkah selanjutnya, Keringkan cabe yang telah di pilah dengan cara di angin-anginkan. Setelah cabe kering, belah dan ambil benih cabe lalu masukkan kedalam air hangat kurang lebih 3-4 jam, biji cabe yang tenggelam itulah yang bagus kita jadikan sebagai benih, sedangkan yang mengapung kamu bisa membuangnya karena kualitas benih yang mengapung sangat kurang baik untuk ditanam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *