6 Langkah Mudah Memulai Hidroponik Cabe

5. Perwatan dan Pemberian Nutrisi

Perswatan tanaman meliputi penyiraman, pemasangan ajir, pemangkasan tunas dan Pemberian nutrisi pada benih cabe. Pemasangan ajir dengan cara di tancapkan di tanah, jangan di polybagnya jika dipolybagnya dikawatirkan dapat merusak akar tanaman yang ada di dalamnya.

Nutrisi yang diberikan harus mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman mencakup unsur makro sperti Ca, N, P, K dan Mg. Kamu juga dapat menggunakan pupuk AB mix atau bisa juga menggunakan pupuk hidroponik lainnya yang bisa kita dapatkan di toko pertanian terdekat dan melalui internet.

narashansa.com

 

Nutrisi yang perlu kita berikan untuk tanaman cabai hidroponik yaitu Ab Mix, terdapat dua jenis nutrisi Ab Mix yang biasa di jual di pasaran, yaitu nutrisi yang bersifat umum dan nutrisi yang bersifat khusus.

Nutrisi yang bersifat umum terbagi menjadi dua tipe yaitu nutrisi untuk tanaman buah dan nutrisi untuk tanaman sayur. Sedangkan nutrisi Ab Mix yang bersifat khusus adalah nutrisi yang sengaja di olah secara spesifik untuk jenis tanaman tertentu, seperti Ab mix tomat, Ab Mix terong dan Ab Mix cabai, Karena kita membahas cabai maka gunakan yang cocok yaitu nutrisi khusus untuk cabai.

Dosis pemberian nutrisi untuk tanaman cabe hidroponik :

  • Pertama penanaman : 750 ppm
  • 2 minggu usai penanaman : 1000 ppm
  • 3 minggu usai penanaman : 1500 ppm
  • 4 minggu usai penanaman : 2000 ppm
  • Masa generatif hingga panen : 2500 ppm

Pemberian Nutrisi dilakukan pada waktu pagi – sore hari , sebanyak 6 kali dalam satu hari, pada malam hari biarkan cabe berekplorasi dengan nutrisi tersebut, dan Setiap seminggu sekali berikan tanaman dengan air yang tidak dicampuri nutrisi selama satu hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *