Cara Menanam Hidroponik Mudah dan Seru

  1. Lebih hemat dalam penggunaan air, karena membudidaya tanaman hidroponik, larutan nutrisi mineral sudah tersimpan dibawah tanaman (di dalam wadah), jadi kamu hanya perlu melakukan pengontrolan.
  2. Penggunakan lahan yang terbatas, karena dapat di letakan secara tersusun (bertingkat).
  3. Ramah lingkungan, kok bisa? Karena membudidaya hidroponik tidak memakai obat hama yang akan merusak tanah, mengurangi CO2, dan Menakai air hanya 1/20 di bandingkan menanam dengan cara yang biasa.
  4. Hasilnya bisa sangat baik, karena mudah untuk di kontrol dan diajuhkan dari hama dan kotoran.
  5. Pertumbuhan akannya bisa dilihat secara periodik, pertumbuhan tanaman lebih cepat dan memiliki kualitas yang baik.
  6. Tidak berpengaruh terhadap musing yang sedang terjadi.
  7. Mengurangi penggunaan pupuk dan tenaga yang diperlukan tidak terlalu besar.
  8. Tempatnya lebih bersih dan dan fleksibel (di taruh dimana saja)
  9. Sangat jarang mempunyai masalah, seperti penyerangan hama dan penyakit tanaman lainnya yang biasa terjadi pada tanah.

BACA JUGA : Cara Menanam Bibit Hidroponik

Tanaman yang dapat digunakan sebagai tanaman hidroponik seperti sayur-sayuran hijau, contohnya selada, tomat, pakchoy, bayam, cabai, kangkung, brokoli, bawang, sawi, strawberry dan tanaman jenis sayuran lainnya.

Cara Mudah Menanam Sayuran Hidroponik

Terdapat dua macam cara yang paling ampuh dalam bercocok tanam hidroponik, yang pertama dengan cara yang menggunakan larutan nutrisi dan yang kedua menananam menggunakan media pengganti. Perbedaanya pun sangat jelas, berikut penjelasnnya.

Cara Menanam Menggunakan Larutan Nutrisi

Menanam ini tidak membutuhkan media tanam keras yang dijadikan sebagai tempat tumbunya akar, akan tetapi hanya cukup menggunakan media lauran nutrisi. Metode yang pertama ini sangat mudah dan tidak ribet, contohnya adalah lauran statis dan teknik larutan air.

Baca Juga : Cara Dapat Uang Dari Aplikasi Android

Cara Menanam Menggunakan Media Pengganti

Untuk cara yang kedua ini, memakai media substitusi sebagai peran tempat tumbunya akan tanaman. Contoh meida teknik yang kedua ini, adalah serabut kelapa, akar pakis, bongkahan batu bata, serbuk kayu dan lai sebagainya.

Jadi kedua cara tesebut sama-sama baik, tergantung kitanya saja mau piliih yang mana yang mudah untuk di praktekan dalam penanaman tanaman hidroponik. namun kali ini kita akan membahas cara yang pertama saja yang menggunakan larutan air.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *