Google AdMob: Monetisasi Iklan di Aplikasimu

Dengan perkembangan Internet, ada banyak cara untuk menghasilkan uang di Internet. Salah satunya melalui iklan. Periklanan adalah cara sederhana dan efektif untuk menghasilkan pendapatan. Sekarang Anda juga bisa mendapatkan penghasilan melalui iklan di aplikasi! Nah, Google sudah memiliki produk yang dapat membantu Anda, yaitu AdMob.

AdMob menghadirkan teknologi khusus untuk membantu Anda menghasilkan uang dengan iklan seluler. Untuk ini, Anda tidak perlu menggunakan alat iklan atau sumber daya iklan lainnya untuk mengembangkan pemasaran aplikasi Anda. Sebelum membahas Google AdMob, mari kita bicara lebih dulu tentang iklan seluler.

Apa itu iklan seluler?

monetisasi aplikasi android

Iklan seluler adalah jenis iklan yang ditampilkan di perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan tablet. Iklan-iklan ini dapat disiarkan melalui berbagai saluran. Beberapa di antaranya adalah:

Anda mungkin terbiasa dengan jenis iklan seluler ini. SMS adalah cara untuk membuat perusahaan dikenal langsung kepada pelanggan dengan mengirimkan informasi langsung ke ponsel mereka.
Iklan asli. Iklan asli adalah jenis iklan yang berbaur dengan situs web atau aplikasi tempat iklan ditampilkan, sehingga terlihat seperti bagian dari situs web atau aplikasi. Iklan jenis ini biasanya dirancang agar pengalaman pengguna selalu memuaskan.

Iklan pengantara. Iklan pengantara adalah format iklan layar penuh yang cocok dengan antarmuka aplikasi dan muncul di titik transisi alami aplikasi, seperti mengunjungi halaman baru. Pengguna memiliki opsi untuk menghapus iklan jika mereka mau. Ini adalah salah satu jenis iklan seluler yang paling efektif.
Mungkin Anda tertarik dengan iklan seluler. Tapi bagaimana Jangan khawatir, ada cara sederhana untuk melakukan ini, terutama melalui Google AdMob.

Apa itu Google AdMob?

AdMob adalah platform iklan Google yang digunakan untuk memonetisasi aplikasi seluler. Dengan Google AdMob, pengembang dapat mempromosikan aplikasi mereka melalui iklan bawaan, memonetisasi aplikasi mereka dengan mengaktifkan iklan dalam aplikasi, dan memberikan informasi melalui Google Analytics.

Nama AdMob sendiri adalah kombinasi dari “iklan” dan “seluler”. Dengan AdMob, Anda dapat membuat iklan untuk berbagai platform seluler seperti Android, iOS, WebOS, dan Windows. AdMob adalah salah satu perusahaan periklanan seluler terbesar di dunia, yang menyiarkan lebih dari 40 juta iklan seluler setiap bulan dalam bentuk spanduk atau teks yang dipasang di berbagai platform, seperti situs web dan aplikasi seluler.

Akun AdMob juga ditautkan ke akun AdWords untuk menampilkan iklan untuk Android atau aplikasi game. Dengan menghubungkan AdMob ke AdWords, seseorang dapat membuat kampanye pemasangan aplikasi seluler. Kampanye khusus ini dirancang untuk lebih banyak orang mengunduh aplikasi. Dengan AdWords, Anda dapat menggunakan kata kunci dan iklan penargetan khusus berdasarkan ID aplikasi dan informasi lainnya. Salah satu fitur unik dari platform iklan seluler adalah Mediasi AdMob, yang memungkinkan pembuatan kampanye iklan internal, kampanye yang mengirimkan iklan gratis ke aplikasi dengan inventaris mereka sendiri.

Kinerja kampanye dapat dengan mudah dievaluasi dengan pelacakan konversi. Karena sistem terintegrasi penuh dengan Google Analytics, Anda dapat mengakses semua indikator dan dimensi, yang penting untuk aplikasi seperti keterlibatan pengguna, akuisisi pengguna, pendapatan, sesi, tampilan layar, ukuran layar, versi aplikasi, dll. . Selain itu, seseorang dapat mengelompokkan audiens untuk mengetahui bagaimana pengguna menggunakan aplikasi. AdMob dapat membantu pengembang membuat aplikasi yang mendukung iklan seluler dan membuka jalur baru untuk mereka.

Fitur Google AdMob

AdMob memiliki mekanisme terintegrasi, yang memungkinkan pengembang untuk menampilkan “iklan internal” secara bebas melintasi portofolio mereka dari aplikasi lain. Kerangka kerja ini juga dapat digunakan untuk penawaran langsung, yang memungkinkan melakukan transaksi iklan yang dinegosiasikan langsung dengan pengiklan.

Fitur lain dari AdMob adalah mediasi, teknologi yang membantu aplikasi memaksimalkan jumlah iklan yang ditampilkan dalam aplikasi dan meningkatkan pendapatan. Melalui mediasi, kami dapat mengintegrasikan hampir 40 jaringan iklan seluler yang berbeda dan bahkan berpartisipasi dalam pengembangan perangkat lunak mediasi untuk beberapa jaringan. Melalui mediasi, aplikasi dapat memanfaatkan integrasi langsung dan penawaran dinamis dengan jaringan iklan lain untuk pembaruan BPT otomatis. Ini menghilangkan upaya dan waktu yang diperlukan untuk menyesuaikan penawaran secara manual. Dalam hal monetisasi, AdMob adalah alat yang berguna karena memiliki semua fitur yang diperlukan.

Selain fitur yang disebutkan di atas, AdMob juga memiliki tiga fitur keren lainnya:

Iklan pembelian di rumah dalam aplikasi. Format baru ini benar-benar dapat mengubah cara orang memandang strategi monetisasi pembelian terintegrasi. Format ini dapat digunakan untuk membuat iklan hasil personalisasi untuk mempromosikan barang yang dijual kepada pengguna. AdMob dapat menampilkan iklan reguler. Pendekatan ini berarti bahwa seseorang dapat membuat pengguna yang berharga tetap terlibat dalam aplikasi, serta orang lain.

Pembangun Pemirsa. Ini adalah fitur hebat yang membantu Anda membuat daftar audiens berdasarkan cara pengguna menggunakan aplikasi dan mempersonalisasikan pengalaman pengguna untuk pengguna yang belum menggunakan aplikasi sejak dua minggu. Unggah daftar ke Google AdWords dan tampilkan iklan berdasarkan daftar untuk mengaktifkan kembali pengguna ketika mereka berada di aplikasi atau situs web lain.

Iklan bawaan AdMob. Pengembang yang berpartisipasi dapat menampilkan iklan asli di aplikasi dan menyesuaikannya agar sesuai dengan bentuk dan fungsi aplikasi. Dengan iklan bawaan, Anda dapat membuat pengalaman pengguna Anda lebih menyenangkan bagi pengguna aplikasi Anda.

Cara menggunakan AdMob

Bagaimana Anda tertarik menggunakan AdMob? Pergi, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai.

Masuk ke akun AdMob Anda dengan mengunjungi https://apps.admob.com/.

Klik “Monetisasi aplikasi baru”
Beri nama aplikasi dan perincian platform, lalu klik “Tambahkan aplikasi”.
Pilih aplikasi untuk menghasilkan uang dengan memilih antara 3 metode ini:
Temukan aplikasi Anda Temukan aplikasi Anda di Google Play, lalu klik + Pilih untuk memilih aplikasi tertentu.
Tambahkan aplikasi Anda secara manual. Jika aplikasi Anda belum diterbitkan atau diterbitkan, Anda dapat memasukkan nama dan platform, lalu klik + Pilih untuk menambahkan aplikasi secara manual.
Pilih dari aplikasi yang Anda tambahkan. Di daftar aplikasi yang sudah ada di akun AdMob Anda, klik + Pilih untuk memilih aplikasi yang diinginkan.
Untuk membuat iklan, pilih salah satu format iklan dan masukkan data yang relevan untuk spanduk atau iklan pengantara.

Klik pada tombol “Simpan”
Ingatlah untuk menyimpan ID unit iklan. Ini akan berguna untuk kebutuhan pengkodean Anda nanti
Setelah itu, coba lagi untuk meninjau petunjuk di layar untuk mempelajari cara menerapkan iklan Anda dengan lebih baik di aplikasi Anda. Aplikasi Anda tidak akan menampilkan iklan sampai Anda memasukkan ID unit iklan dalam kode aplikasi Anda.

Kesimpulan

Untuk pengembang aplikasi seluler, Google AdMob sangat membantu Anda untuk memonetisasi aplikasi Anda melalui iklan. Khusus untuk platform Android. Dengan kerangka kerja Google AdMob, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat. Dengan fitur-fiturnya, Google AdMob membantu Anda untuk beriklan dan mendapatkan lebih banyak uang secara online. Semoga artikel ini membantu!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *