Inilah 14 Negara dengan Nilai Tukar Mata Uang Tertinggi

14 Negara dengan Nilai Tukar Mata Uang Tertinggi di Dunia.

Narashansa.com – Negara mana yang memiliki mata uang tertinggi di dunia? Mungkin Dinar Kuwait. Dari segi nilainya, itu tidak mendominasi pasar mata uang dunia. Tanpa diragukan lagi dolar Amerika adalah unit moneter yang paling kuat di seluruh dunia. Secara umum, kinerja mata uang dihitung dengan membandingkannya dengan mata uang lain, sebagai standar pasar dan dalam banyak kasus, dolar Amerika memenuhi standar itu.

Jika Anda adalah seorang mahasiswa sejarah, atau memiliki minat dalam sejarah mata uang, Anda mungkin tahu bahwa ada saat ketika mata uang dunia didominasi oleh Inggris dan Spanyol. Tapi jelas dolar AS sekarang yang mendominasi. Saya pikir kita telah sedikit menyimpang dari topik utama kita. Okey, mari kita mulai dengan daftar mata uang tertinggi di dunia.

 

14. dolar Selandia Baru

uang kertas newzealand
uang kertas newzealand

Negara: Selandia Baru
Nilai tukar: 1 NZD = 0,70 USD

Dolar Selandia Baru pertama kali diperkenalkan sebagai mata uang negara di 1967. Mata uang terbagi menjadi 100 sen dengan total 10 denominasi (5 uang kertas dan 5 koin), yang terkecil adalah koin 10 sen. Awalnya, ada denominasi lebih rendah tetapi kemudian dihapuskan karena biaya yang lebih tinggi dan terus inflasi.

Pada abad ke-21, dolar Selandia Baru telah menjadi salah satu dari 10 mata uang yang paling banyak diperdagangkan di dunia dan beredar sekitar 2,0% dari pasar Valuta Asing kemudian turun kembali di 2013.

13. Dinar Libya

Mata uang dinar libya
Mata uang dinar libya

Negara: Libya
Nilai tukar: 1 LYD = 0,73 USD

Mata uang ini pertama kali bibuat pada 1971 untuk menggantikan pound Inggris di par. Dinar Libya terbagi lagi menjadi 1000 Dirham, dengan lima denominasi uang kertas dan empat denominasi koin. Hal ini dikeluarkan dan diatur oleh bank sentral Libya, yang mengawasi Bank dan mengatur sistem kredit di seluruh negeri.

12. dolar Singapura

tingkat konversi dolar singapura 2019
Tingkat konversi dolar singapura 2019

 

Negara: Singapura
Kurs: 1 SGD = 0,74 USD

 

Menurut survei 2016 yang dilakukan oleh Bank of International Settlement, dolar Singapura keluar sebagai mata uang perdagangan tertinggi ke-12 di dunia. Pada 2012, Total mata uang yang beredar adalah sekitar $29.100.000.000. Selain Singapura, dolar Singapura juga merupakan tender yang diterima di Brunei Darussalam setelah perjanjian Interchangeability mata uang antara otoritas moneter Singapura dan Brunei Darusalam.

11. dolar Kanada

Uang kertas dolar Canada
Uang kertas dolar Canada

Negara: cananda
Kurs: 1 CAD = 0,78 USD

Meskipun dolar Kanada sudah ada dari 1840-an, mata uang itu diakui di seluruh negara setelah UU mata uang pada tahun 1871. Pada tahun 2015-2016, dolar Kanada adalah mata uang cadangan terbesar kelima di dunia, yang beredar sekitar 2% dari total cadangan global.

Mata uang ini populer di kalangan bank asing dan trader karena bagusnya bidang kesehatan, ekonomi dan stabilitas politik di Kanada. Menurut laporan berita, di berbagai wilayah di Amerika Serikat sekarang menerima dolar Kanada terutama untuk tujuan bisnis.

10. dolar Australia

Uang kertas 20 dolar Australia
Uang kertas 20 dolar Australia

Negara: Australia
Bertukar Tingkat: 1 AUD = $0,77

Dolar Australia merupakan mata uang yang saat ini digunakan di Persemakmuran Australia, termasuk berbagai pulau di wilayah ini. Pada tahun 2016, dolar Australia menjadi mata uang yang paling banyak diperdagangkan ke-5 di dunia, setelah dolar AS, Euro, Yen Jepang dan Pound Sterling dan beredar sebanyak 6,9% dari saham harian dunia.

Dolar Australia adalah salah satu mata uang yang paling populer di antara para pedagang Forex karena ekonomi Australia yang relatif stabil dan pemerintahnya, intervensi marjin di pasar Valuta Asing oleh pemerintah pusat dan pengaruhnya yang besar terhadap sebagian besar pasar Asia.

9. dolar Amerika Serikat

Uang kertas dolar Amerika Serikat
Uang kertas dolar Amerika Serikat

Negara: Amerika Serikat

Apakah Anda tahu di mana simbol $ (Dollar) berasal? Asal-usul tanda dolar dapat ditelusuri kembali ke mata uang yang legendaris yaitu Spanyol dikenal sebagai peso atau “ps“(Singkatan Latin). Peso telah digunakan sebagai alat tukar di Spanyol dari 16 sampai abad ke-18 dan saat ini sedang digunakan di beberapa wilayah bekas Spanyol di Amerika Latin.

Perlu diketahui bahwa dolar AS adalah mata uang yang paling kuat di Dunia. Ini adalah mata uang yang paling banyak diperdagangkan dan tetap menjadi mata uang cadangan terbesar di dunia bahkan setelah penghentian sistem Bretton WoodsHal ini juga salah satu dari dua mata uang de facto yang paling umum yang digunakan oleh negara kecil Aruba, Kamboja dan Republik Dominika.

8. Franc Swiss

Uang kertas Swiss
Uang kertas Swiss

Negara: Swiss dan Liechtenstein
Kurs: 1 CHF = $1,02

Swiss adalah salah satu negara terkaya di dunia. Ekonominya dianggap (oleh investor) sebagai surga pajak karena tarif pajak yang rendah dan ekonomi yang cukup stabil. Swiss Franc adalah mata uang resmi Swiss, Liechtenstein, dan sebuah tender hukum di Campione d’Italia, sebuah daerah kecil Italia di wilayah Lombardy. Pada 2016, Franc Swiss menyumbang 0,2% dari total cadangan devisa (turun sebesar 0,1% dari 2015).

7. Euro

Mata uang Euro
Mata uang Euro

Negara : zona Euro
Kurs: 1 EUR = $1,18

Euro adalah yang kedua paling sering diperdagangkan dan mata uang cadangan terbesar kedua di dunia setelah dolar AS. Seiring dengan negara-negara zona Euro, banyak bangsa Eropa dan bahkan Afrika lainnya menetapkan mata uang mereka sendiri ke Euro untuk mempertahankan nilai tukar yang stabil. Tidak seperti kebanyakan mata uang lainnya di dunia, Euro relatif masih baru jika dibandingkan dengan mata uang yang populer di dunia, yang muncul di tahun 1999 dan sebagian besar dipengaruhi dari peristiwa politik di dalam zona Euro.

6. Caymanian Dollar

Mata uang Caymanian
Mata uang Caymanian

Negara: Kepulauan Cayman
Kurs: 0,83 KYD = 1 USD

Terletak di Barat Laut Karibia, merupakan otonomi British Overseas Territory dengan 14 PDB terbesar di dunia berdasarkan nilai PPP. Dolar Kepulauan Cayman saat ini merupakan salah satu dari 15 mata uang yang paling dihargai di dunia (per 2014 adalah mata uang yang paling dihargai 9) dan dipatok dengan dolar AS dengan nilai tukar 1,00 KYD = 1,20 USD.

5. Pound Sterling

GBP Poundstreling
GBP Poundstreling

Country: Inggris Raya
Nilai tukar: 1 GBP = $1,34

British Pound Sterling pernah menjadi mata uang separuh dunia, yang beredar resmi di berbagai negara di bawah Kerajaan Inggris. Terkadang digunakan bersamaan dengan mata uang lokal negara tertentu. Setelah perang dunia ke-dua, setelah melakukan kesepakatan dengan Amerika Serikat, pound Sterling dipatok dengan dolar (AS) pada tingkat £1 = $4,03.

Perjanjian ini kemudian dinamai sebagai sistem Bretton Woods, yang menentukan nilai tukar pasca-perang global. Tapi di 1949, mata uang ini mendevaluasi karena meningkatnya tekanan ekonomi sebanyak 30,5% menjadi $2,80. Langkah ini langsung mempengaruhi beberapa mata uang utama yang mendevaluasi terhadap dolar.

Ketika Euro diperkenalkan, sebagai negara Eurozone Inggris Raya bisa mengadopsi Euro sebagai tender hukumnya, bukan Inggris berhasil melakukan opt-out, namun itu adalah keputusan politik yang sangat kontroversial pada waktu itu.

4. Dinar Yordania

dolar Yordania
dolar Yordania

Negara: Yordania
Nilai tukar: 1 JOD = 1,41 USD

Dinar Yordania ditetapkan sebagai alat tukar Kerajaan Yordania (secara resmi) pada 1950, 4 tahun setelah Jordan menjadi negara merdeka. Mata uang ini juga secara tidak resmi digunakan oleh West Bank (wilayah Palestina). Dinar Yordania secara resmi dipatok ke IMF SDR, yang berarti bahwa hal itu nilai tukar mata uang ini tetap stabil pada tingkat 1 Dinar = 1,41044 dolar.

3. Rial Oman

Mata uang Oman
Mata uang Oman

Negara: Oman
Kurs: 1 OMR = $2,60

Seperti kebanyakan negara Teluk, perekonomian Oman sangat bergantung pada ekspor minyak, meskipun ekonominya relatif beragam. Oman memiliki cadangan minyak terbesar ke-25 di dunia dengan cadangan minyak yang teridentifikasi hingga 5.500.000.000 barel.

Rial Oman pertama kali diperkenalkan sebagai mata uang resmi negara di 1973, ketika menggantikan Rial Saidi (bukan Saudi Riyal) setelah perubahan rezim. Rial terbagi lagi menjadi 1000 baisa (denominasi bawah). Antara tahun 1973 dan 1986, nilai tukar tetap Rial Oman ke dolar Amerika pada tingkat 1 Rial = $2,895 USD. Ini berubah pada tahun 1986, diperbarui menjadi 1 Rial = $2,6008 USD

2. Dinar Bahrain

Dinar Bahrain
Dinar Bahrain

Negara: baharain
Kurs: 1 BHD = $2,65

Kerajaan Bahrain adalah sebuah negara pulau kecil yang terletak antara Semenanjung Qatar dan Pantai Timur Utara Arab Saudi. Dinar ini diperkenalkan pada 1965, menggantikan Rupee Teluk dengan nilai tukar 10 Rupee = 1 Dinar. 

Mata uang itu stabil dengan nilai tukar dengan $1 USD = 0,376 BD atau 1 BD = $2,65957 USD. Setelah Malta mengadopsi Euro sebagai mata uang hukum mengadopsi Euro, Dinar menjadi mata uang tertinggi nomor 2.

1. Dinar Kuwait

Dinar Kuwait
Dinar Kuwait

Negara: Kuwait
Nilai tukar: 1 KWD = $3,31

Dinar Kuwait merupakan mata uang tertinggi di dunia dengan tingkat konversi dolar maksimum. Mata uang ini diperkenalkan secara resmi oleh Kuwait pada tahun 1960 sebagai pengganti Rupee Teluk. Pada awal tahun, Dinar Kuwait setara dengan Pound Sterling.

Pada 1990, selama invasi ke Irak, Dinar Kuwait segera digantikan oleh Dinar Irak sebagai mata uang resmi dan dalam jumlah besar denominasi uang yang dirampas karena perang di negara itu. Hal itu dipulihkan kembali setelah pembebasan dan seri uang kertas baru diperkenalkan untuk pertama kalinya.

Bonus: Bitcoin

grafik transaksi bitcoin
grafik transaksi bitcoin

Kurs: 1 Bitcoin = 16K USD

Jaringan internet saat ini telah membuat meningkatnya transaksi bisnis cryptocurrency. DIawal tahun, beberapa perusahaan menggunakannya sebagai metode pembayaran alternatif dan cukup banyak yang diperdagangkan. Tapi semuanya berubah dalam beberapa tahun terakhir, tidak hanya perusahaan multinasional besar tetapi pemerintah, lembaga perbankan semua memiliki Bitcoin.

Di negara Jepang, pemerintah secara resmi membuat hukum untuk membeli dan menjual cryptocurrency Bitcoin sebagai metode pembayaran terhadap layanan dan barang. Di Eropa, bank online terbesar Norwegia, Skandiabanken, sekarang telah mengintegrasikan rekening Bitcoin dalam data mereka dan diakui sebagai aset investasi.

Kadang Saya berpikir, Apakah ini awal dari mata uang baru di seluruh dunia? Mungkin tidak, tapi ada sesuatu yang misterius tentang ‘ mining’ Bitcoin yang kita tahu setelah satu tahun atau lebih, Bagaimana pendapat Anda? Silahkan memberikan opini Anda di kolom komentar. 

Terimakasih telah mengunjungi Narashansa.com, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan untuk Anda. Jika bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada netter yang lain agar lebih banyak lagi yang mendapatkan ilmu baru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *