Panduan PRAKTIS Menanam Tanaman Hidroponik Untuk Pemula

Sejarah Hidroponik

Green leafy lettuce is ready to harvest in the green house

Sedikit diulas sejarahnya yuk. Jadi, secara istilah asal muasal Hidroponik itu dari bahasa Yunani. Yang artinya Hydro adalah air dan Ponics berarti kerja kreatif.

Awal mula hidroponik ini dipakai oleh bangsa Babylonia yang mempopulerkan tanaman hias gantung. Juga dilakukan oleh bangsa Cina. Kedua bangsa ini sama-sama tidak menggunakan lahan luas untuk bercocok tanam (sayuran dan tanaman yang sederhana).

Sejak tahun 1950-an, teknik ini semakin populer dan semakin banyak negara yang juga menerapkannya seperti Belanda, Jerman, sampai Australia, mereka berhasil menjalankan metode hidroponik dengan hasil yang sangat baik.

Manfaat dari Menanam Hidroponik

Urban hydroponics farm with worker inspecting salad

Ada beberapa keunggulan atau manfaat yang bisa dirasakan saat seseorang memutuskan untuk serius dengan metode cocok tanam Hidroponik.

Hemat Lahan

Organic vegetable in greenhouse in city of China.

Yap, ini adalah bukti paling kongkrit. Fleksibilitas hidroponik membuat para pelakunya semakin kreatif. Dibuatlah sistem bertingkat di mana sangat mungkin melakukan semai sampai panen 20 tanaman sekaligus hanya dengan lahan seluas 2 meter persegi, hal yang mustahil terjadi jika menggunakan model tanam konvensional.

Suplai Oksigen Lebih Lancar

Rows of tomato plants growing hydroponically. The Cornerways tomato nursery is the largest greenhouse in the UK. It is attached to the British Sugar factory in Wissington, Norfolk. The project is a revolutionary CHP combined heat and power system that uses the heat produced by refining sugar beet into sugar, to heat the tomato plants that are grown hydroponically.

Tanaman yang mendapatkan suplai oksigen secara memadani akan lebih cepat melakukan pertumbuhan. Dan pertumbuhannya akan mendapat hasil yang baik serta menyeluruh. Kalau dengan menggunakan cara konvensional, oksigen hanya maksimal didapat melalui daun dan tangkai, tapi kalau menggunakan hidroponik, oksigen rata dari ujung atas sampai ujung bawah (akar).

Nutrisi Lebih Mudah Diserap

Lettuce growing by using the nutrient film technique ( NFT) with the recirculating hydroponic system.

Hidroponik tidak menggunakan media tanah, ia menggunakan aliran air. Hal ini akan lebih mudah bagi tanaman untuk menyerap nutrisi yang kita campur kemudian kita alirkan melalui media hidroponik. Tanaman tidak perlu mencari, tanaman sangat dimanjakan, sehingga tanaman bisa fokus pada pertumbuhan.

Nutrisi sedang disampaikan ke pabrik sejumlah kali setiap hari. Pabrik hidroponik kebutuhan sedikit energi untuk menemukan dan memecah makanan. Pabrik ini kemudian memanfaatkan ini disimpan energi untuk tumbuh lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak buah. tanaman hidroponik juga memiliki kurang masalah dengan bug masalah, fungis dan sakit. Secara umum, tanaman ditanam secara hidroponik lebih sehat dan lebih bahagia lebih baik tanaman.

Hidroponik berkebun juga memberikan sejumlah manfaat untuk lingkungan kita. Hidroponik berkebun memanfaatkan substansial air kurang dari berkebun tanah, karena konstan menggunakan kembali nutrisi Pilihan.

Karena adanya kebutuhan, kurang pestisida digunakan pada tanaman hidroponik. Karena sistem berkebun hidroponik penggunaan ada humus, humus disintegrasi tidak bahkan masalah. Meskipun, jika peternakan pola terus memburuk humus dan drainase, hidroponik mungkin segera menjadi kami hanya solusi.

Media yang Digunakan Untuk Menanam Hidroponik

Fungsi dari media tumbuh adalah untuk menganginkan dan mendukung sistem akar tanaman dan untuk transportasi air dan nutrisi. Berbeda media tumbuh bekerja dengan baik dalam berbeda jenis sistem hidroponik. A cepat menguras menengah, seperti Hydrocorn atau diperluas shale bekerja dengan baik dalam sebuah pasang surut sistem mengetik.

Hydrocorn adalah cahaya diperluas agregat tanah liat. Ini adalah ringan, sejuk jenis media tumbuh yang memungkinkan banyak oksigen ke menembus sistem akar tanaman. Kedua jenis tumbuh batuan dapat daur ulang, meskipun shale memiliki lebih dari kecenderungan untuk memecah dan mungkin tidak berlangsung selama Hydrocorn. Ini tumbuh batu yang sangat stabil dan jarang hasil pH nutrisi solusi.

Rockwool telah benar-benar akhirnya menjadi sebuah sangat media tumbuh populer. Rockwool adalah awalnya digunakan di bangunan sebagai isolasi. Sekarang ada kelas hortikultura dari Rockwool. Berbeda dengan isolasi kelas, hortikultura Rockwool adalah mendorong ke tumbuh kubus dan blok. Hal ini dihasilkan dari batuan vulkanik dan batu kapur.

Ini bagian yang meleleh di tingkat suhu 2500 derajat dan lebih besar. The cair option dituangkan di atas silinder berputar, sebanding ke cara fairy floss dibuat, maka ditekan ke identik lembar, menghalangi atau kubus. Karena Rockwool memegang 10-14 kali lebih banyak air tanah dan mempertahankan 20 persen udara dapat dimanfaatkan di hampir sistem hidroponik.

Meskipun kebun perlu berhati-hati pH, mengingat Rockwool memiliki pH 7,8 dapat meningkatkan pH dari nutrisi option. Rockwool tidak bisa dimanfaatkan tanpa batas dan paling penggemar taman hanya mendapatkan satu penggunaan per kubus. Hal ini juga biasanya digunakan untuk propagasi.

sering lainnya dimanfaatkan media tumbuh yang perlit, vermikulit dan berbeda nilai pasir. Ini 3 media yang stabil dan jarang dampak pH nutrisi option. Meskipun, mereka memiliki kecenderungan untuk ditahan terlalu banyak basah dan harus akan digunakan dengan tanaman yang toleran terhadap kondisi ini . Perlite, vermikulit dan pasir yang sangat murah pilihan, dan bekerja bermurah dalam sistem sumbu, meskipun mereka bukan yang paling efisien media tumbuh.

Nutrisi yang Bagus Untuk Tanaman Hidroponik

Sebagian besar yang prinsip yang berlaku untuk pupuk tanah juga berlaku untuk pupuk hidroponik, atau nutrisi Pilihan. Sebuah nutrisi hidroponik solusi mengandung semua elemen bahwa tanaman umumnya akan peroleh dari tanah. Nutrisi ini dapat dibeli pada pasokan hidroponik toko. Banyak yang sangat terfokus, menggunakan 2 sampai 4 sendok teh per galon air.

Mereka tersedia di cair campuran atau bertenaga campuran, umumnya dengan setidaknya 2 berbagai kontainer, satu untuk tumbuh dan satu untuk mekar. Cairan adalah sedikit lebih mahal dan termudah ke penggunaan.

Mereka mencairkan cepat dan seluruhnya ke waduk dan sering memiliki yang disertakan pH penyangga. The bertenaga rentang adalah murah dan memerlukan sedikit lebih perhatian. Mereka perlu akan dikombinasikan lebih banyak menyeluruh dan sering tidak mencairkan seluruhnya ke tangki. Mayoritas tidak memiliki buffer pH.

Seperti tanah, cara menanam hidroponik dapat dipupuk dengan alami atau nutrisi kimia. A alami sistem hidroponik adalah substansial lebih banyak pekerjaan untuk mempertahankan. The alami zat cenderung untuk mengunci bersama dan pemicu pompa menyumbat.

Beberapa hidroponik tukang kebun hanya melengkapi kebun hidroponik dengan alami nutrisi, memanfaatkan nutrisi kimia sebagai primer pasokan makanan. Ini tawaran tanaman mantap pasokan nutrisi tanpa tinggi pemeliharaan sistem hidro-organik.

Tingkat Asam Atau pH Untuk Hidroponik

Mayoritas tanaman dapat tumbuh hidroponik dalam pH serangkaian 5,8-6,8, 6.3 adalah memikirkan optimal. PH dalam sistem hidroponik adalah jauh lebih mudah untuk meneliti dari pH tanah. Banyak hardware, hewan, dan hidroponik pasokan toko menjual pH-pengujian kit. Mereka kisaran di tingkat dari $ 4,00 menjadi sekitar $ 15,00, tergantung pada yang berbagai dan jenis tes Anda pilih. Pengujian pH adalah mudah dan penting dalam sistem hidroponik.

Jika pH mahal atau terlalu rendah tanaman tidak akan dapat mengambil dalam tertentu nutrisi dan akan acara tanda-tanda dari kekurangan. pH perlu akan diperiksa sekali seminggu. Hal ini mudah ke perubahan oleh menambahkan jumlah kecil Potash larut untuk menaikkan pH, atau asam fosfat untuk menurunkan pH. Ada juga banyak meter pH tersedia. Ini memberikan pembacaan digital dari pH dalam sistem. The pH meter biaya sekitar $ 100 dan tidak diperlukan dalam banyak kasus.

Sistem dan Cara Kerja Hidroponik

Cara menanam hidroponik yang didefinisikan aktif atau pasif. Sebuah sistem hidroponik aktif bergerak gizi option, biasanya memanfaatkan pompa. sistem hidroponik pasif tergantung pada aksi kapiler media tumbuh atau sumbu. Gizi solusi adalah diambil di oleh media atau sumbu dan diteruskan ke akar. sistem pasif biasanya terlalu basah dan tidak pasokan memadai oksigen ke sistem root untuk optimal pertumbuhan tarif.

sistem hidroponik dapat juga akan didefinisikan sebagai penyembuhan atau non-recovery. Healing sistem atau sistem sirkulasi reuse gizi solusi. Non-recovery metode hanya apa itu negara. The gizi solusi diterapkan pada media tumbuh dan tidak diperoleh kembali.

Sistem Hidroponik Menggunakan Sumbu

Sistem sumbu adalah non-recovery jenis sistem hidroponik pasif. Ini penggunaan tidak ada pompa dan memiliki bagian yang bergerak. Nutrisi yang terus di waduk dan pindah ke sistem akar oleh kapiler sering memanfaatkan cahaya lilin atau lentera sumbu.

Dalam mudah hal, nutrisi option perjalanan up sumbu dan ke dalam sistem akar tanaman. sistem Wick biasanya memanfaatkan pasir atau perlit, vermikulit campuran dan media tumbuh. Sistem sumbu adalah sederhana dan murah untuk set-up dan menjaga. Meskipun, memiliki kecenderungan untuk menjaga media tumbuh untuk basah, yang tidak memungkinkan untuk yang optimal kuantitas oksigen dalam sistem akar. Sistem sumbu tidak paling handal yang cara ke taman hidroponik.

Sistem Hidroponik dengan Aliran

The Pasang surut sistem hidroponik adalah pemulihan aktif jenis sistem. The Ebb dan Aliran menggunakan pompa submersible di tangki dan tanaman dalam baki atas. Mereka bekerja pada dasar banjir dan tiriskan teori. The waduk memegang nutrisi option dan pompa. Ketika pompa menyala, gizi option dipompa ke baki atas dan disampaikan dengan sistem akar tanaman.

Pompa harus tinggal selama sekitar 20 sampai Tiga puluh menit, yang disebut siklus banjir. Setelah air sebenarnya mencapai tingkat yang ditetapkan, sebuah meluap pipa atau pas memungkinkan gizi opsi ke menguras pipa kembali ke tangki. Cara menanam hidroponik membutuhkan pompa tetap pada untuk seluruh siklus banjir. Setelah siklus banjir gizi option perlahan saluran air tarik kembali ke tangki melalui pompa.

Selama banjir siklus oksigen bad udara didorong keluar dari sistem akar oleh bergerak ke atas gizi option. Sebagai nutrisi option pipa saluran air kembali ke waduk, oksigen melimpah udara ditarik ke dalam media tumbuh. Ini memungkinkan akar memadai oksigen ke memaksimalkan gizi mereka konsumsi. Rockwool dan tumbuh batu yang paling biasanya dimanfaatkan media tumbuh di Pasang surut ketik sistem. The Ebb dan Aliran rendah pemeliharaan, namun sangat efektif jenis berkebun hidroponik.

Nutrient Film Strategi

The Gizi Film Teknik atau NFT sistem aktif penyembuhan ketik system hidroponik. Sekali lagi, memanfaatkan pompa submersible dan daur ulang nutrisi Pilihan. Cara menanam hidroponik dengan pompa submersible yang memompa nutrisi solusi menjadi tumbuh-tabung di mana akar ditangguhkan. The tumbuh-tabung adalah di sedikit bawah sudut sehingga nutrisi solusi berjalan di atas akar dan kembali ke tangki. Nutrisi solusi stream selama akar sebanyak 24 Hr per hari.

Oksigen diperlukan dalam tumbuh-tabung sehingga anyaman kapiler atau batu pesawat harus akan dimanfaatkan. Tanaman yang diadakan oleh sebuah bantuan kerah atau tumbuh-keranjang dan tidak ada media tumbuh yang dimanfaatkan. Sistem NFT adalah sangat efektif. Meskipun, banyak pemula petani hidroponik menemukan itu tangguh ke Tweak.

Hal ini dapat juga menjadi sangat tak kenal ampun, tanpa media tumbuh untuk memegang kelembaban, setiap lama dari gangguan dalam nutrisi sirkulasi dapat pemicu akar kering dan tanaman menderita dan berpotensi berlalu.

Constant Drip yang Diterapkan ke Dalam Hidroponik

Cara menanam hidroponik berkelanjutan sistem tetes adalah aktif penyembuhan atau non-recovery jenis sistem. Sistem ini memanfaatkan pompa submersible di reservoir dengan jalur pasokan akan setiap tanaman. Dengan tetes emitor untuk setiap tanaman kebun dapat perubahan yang jumlah dari solusi per tanaman. Sebuah nampan menetes di bawah setiap baris tanaman, mengirimkan yang solusi kembali ke waduk, dapat cepat membuat sistem ini aktif pemulihan ketik.

Pada hari-hari awal hidroponik, yang tambahan opsi itu tercuci keluar ke tanah. Berkelanjutan sistem Drip adalah sering digunakan dengan Rockwool. Meskipun, setiap media tumbuh dapat dimanfaatkan dengan sistem ini, berkat modifikasi fungsi pada setiap spesifik menetes emitor.

Pembelian Sistem atau Struktur Sistem

Ini adalah yang paling diminta keprihatinan berkaitan dengan hidroponik. Haruskah saya pembelian satu atau membangun satu? Penulis ini menyarankan sedikit dari keduanya. Jika Anda memiliki pikiran seorang insinyur dan impian mengembangkan sendiri Anda sistem hidroponik, membeli satu pertama!

Mendapatkan ekonomis sistem akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan kaki Anda basah dan memberikan Anda jauh lebih baik pemahaman tentang bagaimana hidroponik bekerja. Tangan pada pengalaman bernilai yang biaya dari sistem dan peluang, Anda akan dapat recycle bagian di yang sistem ketika Anda berangkat untuk mengembangkan Anda sendiri.

Jika Anda lebih suka mendapatkan hak ke bangunan sendiri Anda, melakukan Anda penelitian. Dapatkan semua rincian Anda dapat dan tidak tergantung pada hanya satu sumber. Ini adalah terus-menerus berubah industri dan ada banyak buku masih di rak-rak yang saat usang. Struktur cara menanam hidroponik sendiri sistem dapat benar-benar memuaskan atau sangat frustasi. Ini terutama trial and error demikian, bersabarlah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *