Pengertian Budidaya Hidroponik Lengkap

Budidaya Hidroponik – Hydro mempunyai arti air. Hidroponik adalah sebuah motede menanam tumbuhan yang menjadikan air sebagai media tanamnya. Pengertiannya yang lain ialah menanan tanaman yang tidak memakai media tanah sebagai pertumumbuhan tanamannya.

hidroponik selada

Simpelnya hidroponik adalah sebiah cara budidaya tanaman memakai air yang ditamabah dengan nutrisi. Dengan metode ini bisa untuk mempermudah dan mengendalikan pencahayaan dan hama.

BACA JUGA : Mudah Menanam Cabe Hidroponik

Budidaya tanaman dengan cara hidroponik sangat ramah dengan lingkungan, sebab tidak perlu herbsida atau petisida yang dari bahan kimia. Dengan metode ini juga tidak perlu terlalu banyak air seperti bercocok tanam dengan media tanah.

 

Dengan memakai metode menanam hidroponik tidak memerlukan penyiraman pada tanamannya. Hal itu menjadikan sayuran yang diproduksi menjadi lebih sehat dan aman. Meskipun tidak perlu tanah untuk medianya, metode ini tentunya tidak hanya perlu air saja, tapi perlu juga adanya zat sebagai pendukung untuk pertumbuhan tanaman.

Mungkin untuk sebgaian orang menanam dengan cara hidroponik ini terdengar masih asing. Saat ini, untuk perkembangan dari metode hidroponik sendiri sudah mulai berkembang. Banyak komunitas atau grup di daerah yang mengadakan pelatihan cara menanam dengan metode hidroponik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *